Harga Emas Menguat Akibat Kebijakan Keuangan “The Fed”

Posted on Sep 22, 2017

Harga-Emas-Menguat-Akibat-Kebijakan-Keuangan-“The-Fed”

Sembilan tahun lamanya Bank Sentral Amerika, atau lebih dikenal dengan nama The Fed, menjalankan kebijakan “Quantitative Easing” untuk meningkatkan perekonomian negaranya. Quantitative Easing adalah kebijakan ekonomi yang dijalankan bank sentral paling berpengaruh di dunia itu dengan cara membeli aset-aset dalam jumlah besar. Hal ini membuat nilai suku bunga di Amerika Serikat terjaga dan pertumbuhan ekonomi menjadi stabil.

quantitative easing

Namun pada tanggal 29 Oktober 2014, Kepala Bank Sentral Amerika mengumumkan bahwa pihaknya menghentikan program tersebut. Pembelian aset terhenti ketika saldo The Fed mencapai angka 4.48 triliun dolar. Lalu pada tanggal 20 September 2017 kemarin, Bank Sentral Amerika mengumumkan bahwa mereka akan mulai mengurangi besar saldonya perlahan-lahan, dimulai dari 50 miliar dolar perbulannya, lalu ditingkatkan setiap empat bulan sekali.

Dampak jangka pendek dari kebijakan ini memang tidak nampak, namun dampak dari “Quantitative Tightening” ini akan terjadi dalam jangka panjang. Salah satunya adalah meningkatnya inflasi serta pertumbuhan ekonomi di Amerika Serikat. Pasar pun langsung bereaksi terhadap indikasi ini dengan penguatan harga sejumlah mata uang, saham serta komoditas seperti emas.

Harga dolar Amerika melemah

Reaksi pertama yang terlihat dari indikasi kebijakan ekonomi ini adalah melemahnya harga dolar Amerika terhadap sejumlah mata uang di pasar forex. Terlihat di sejumlah pair, seperti misalnya EUR/USD serta GBP/USD, Euro dan Pound Sterling terlihat menguat dan dolar Amerika melemah. Memang ada faktor lainnya yang ikut memengaruhi pelemahan dolar Amerika ini, namun indikasi kebijakan ekonomi ini nampak sebagai faktor yang paling kuat.

dolar weakens

Salah satu hal yang membuat harga dolar Amerika turun adalah adanya kemungkinan naiknya suku bunga di Amerika Serikat. Hal ini tentu saja akan membuat pergerakan harga mata uang akan menjadi semakin tak terkendali dan menjadi sulit diprediksi oleh para investor. Pada akhirnya investor pun akan mengalihkan modal mereka ke jenis investasi yang lebih aman, seperti misalnya emas.

Harga emas menguat

Meredanya konflik geopolitik di Korea Utara mengakibatkan harga emas pun melemah seminggu terakhir ini. Namun adanya indikasi kebijakan ekonomi “Quantitative Tightening” yang akan dilakukan oleh Bank Sentral Amerika membuat harga emas menguat kembali hari ini. Memang belum ada pergerakan harga yang cukup signifikan terlihat di candlestick, namun harga emas mulai bergerak positif.

Seperti kita ketahui, pergerakan harga emas pada umumnya berkebalikan dengan pergerakan harga dolar Amerika. Ketika dolar Amerika menguat, harga emas akan cenderung melemah. Begitu pun sebaliknya. Saat dolar Amerika melemah, investor akan mencari aset yang lebih aman untuk melindungi kekayaan mereka. Saat inilah emas akan diburu dan membuat harga emas akan beranjak naik.

Kebijakan ekonomi ini dimulai pada bulan Oktober 2017. Di bulan pertama, The Fed akan memulai dengn mengurangi saldonya sebesar 50 miliar dolar. Harapan dari menjalankan kebijakan ini adalah pada tahun 2020 nanti, saldo bank sentral Amerika akan berada di bawah angka 3 triliun dolar. Setelah itu, pemerintah akan membahas seberapa besar saldo bank sentral Amerika itu seharusnya saat kebijakan ini berakhir.

Kesimpulan

Setelah hampir sepuluh tahun menjalankan kebijakan yang cukup berani, yakni Quantitative Easing, pada akhirnya pemerintah Amerika Serikat di bawah presiden barunya, Donald Trump pun mengakhiri kebijakan ini dan mulai bergerak mengurangi saldo bank sentral dengan kebijakan kebalikannya, Quantitative Tightening.

Sebagai investor dan trader, kita bisa melihat hal ini sebagai kesempatan untuk mendapatkan keuntungan dari trading emas dalam jangka panjang. Karena memang dampak dari kebijakan ini tidak akan begitu terasa dalam jangka pendek. Ketika suku bunga melambung, dolar Amerika pun akan melemah dan mengakibatkan investor pun beralih ke aset yang bisa diandalkan, yakni emas.

Buka akun premium untuk trading emas sekarang juga dan raih kesempatan untuk mendapatkan keuntungan dari setiap trading emas online anda. Klik tombol di bawah ini untuk membuka akun premium. Bila anda memiliki pertanyaan seputar trading emas online, anda bisa menghubungi live chat support kami untuk mendapatkan keterangan lebih lanjut.

There are no comments yet

  • Hello, guest