5 Kesalahan Trader Emas Pemula

Posted on Sep 26, 2017

5-Kesalahan-Trader-Emas-Pemula

Menjalankan sebuah bisnis memang harus berhadapan dengan sebuah resiko rugi. Tidak sedikit jumlahnya pebisnis yang kemudian banting setir ke lahan bisnis lainnya, atau justru kembali ke pekerjaan utamanya ketika bisnis yang dijalankannya tidak kunjung memberikan hasil yang memuaskan. Hal ini sering kali kita temui di kalangan para pebisnis muda. Dari 100% pebisnis, bisa dibilang hanya 10% yang berhasil di bidang bisnis yang mereka jalani.

Begitu pula halnya di bisnis trading emas online. Tidak banyak jumlahnya trader yang berhasil menemukan strategi trading yang cocok untuk mereka dan mendapatkan hasil yang memuaskan dari setiap trading yang mereka lakukan. Sebenarnya tidak ada kiat khusus untuk berhasil di bisnis trading. Yang paling penting adalah seorang trader mampu mengenali kesalahan apa yang sudah diperbuat lalu menghindarinya pada saat trading berikutnya.

Nah, pada artikel berikut ini, kami akan membahas kesalahan apa saja yang umum dilakukan oleh trader emas online pemula yang membuat mereka gagal di lini bisnis ini. Dengan mengetahui hal ini, anda bisa menghindari melakukan kesalahan yang sama pada trading yang akan anda lakukan. Berikut lengkapnya:

1. Tidak sabaran

Kesalahan paling mendasar yang biasa dilakukan oleh para trader pemula adalah tidak sabaran untuk segera masuk ke pasar. Mereka tidak sadar bahwa tidak semua waktu dan kondisi adalah baik untuk masuk ke dalam pasar trading. Ketidaksabaran ini pada akhirnya akan membuat trader tersebut malah merugi, padahal bila mereka sabar sedikit saja, keuntungan pasti akan diraih.

Biasanya trader menjadi tidak sabaran ketika mereka melibatkan emosi pada saat trading. Trader seperti ini biasanya memiliki rasa percaya diri yang terlalu tinggi ketika masuk pasar dan pada akhirnya membuat mereka mengesampingkan rencana yang sudah dibuat dan menjadi lepas kontrol karena merasa mereka bisa mendapatkan keuntungan yang lebih banyak. Selain itu ada juga trader yang terlalu cepat puas dengan keuntungan yang sudah didapatkan dan membuat mereka menutup posisi terlalu cepat, padahal bila mereka lebih sabar keuntungan yang lebih besar pasti bisa didapatkan.

Untuk menghindari kesalahan ini, hal yang harus anda lakukan adalah membuat perencanaan trading dan jangan menyimpang dari rencana tersebut. Tentukan berapa banyak keuntungan yang bisa anda dapatkan dan berapa kerugian yang bisa anda tolerir. Dengan demikian anda bisa membangun psikologi trading yang baik.

2. Trading tanpa rencana

Masih ada hubungannya dengan kesalahan yang pertama, kesalahan kedua yang umum dilakukan oleh para trader pemula adalah masuk ke pasar trading tanpa dilandasi rencana apa pun. Pentingnya memiliki tujuan trading adalah untuk mengetahui berapa banyak keuntungan yang ingin diraih, serta berapa besar kerugian yang bisa ditoleransi. Hal ini penting karena pergerakan harga di pasar emas online hampir sama dinamisnya dengan pergerakan harga mata uang di pasar forex.

Setelah tujuan trading, rencana berikutnya yang harus anda buat sebelum masuk ke pasar trading emas online adalah membuat rencana manajemen keuangan. Pasar trading online banyak dikenal oleh masyarakat memiliki sifat high risk high reward, alias memiliki potensi keuntungan serta memiliki potensi merugi yang sama besarnya. Namun dengan manajemen keuangan yang baik, anda bisa meminimalisir potensi kerugian yang bisa diderita serta mendapatkan keuntungan yang lebih pasti.

Salah satu cara melakukan manajemen keuangan adalah dengan menggunakan fitur stop loss dan take profit yang tersedia di platform MetaTrader. Fitur stop loss akan secara otomatis menutup transaksi anda ketika pergerakan harga emas di pasar online berlawanan arah dengan prediksi anda. Sedangkan fitur take profit juga akan menutup transaksi anda secara otomatis. Bedanya, take profit menutup transaksi anda ketika harga bergerak ke arah yang anda inginkan dan sudah memenuhi target keuntungan yang ingin anda dapatkan.

3. Menganggap investasi emas online sama dengan investasi emas fisik

Bila anda sudah terbiasa berinvestasi emas fisik sebelumnya dan sekarang anda ingin menjajaki investasi emas online, maka tanamkan dalam pikiran anda bahwa kedua jenis investasi ini memiliki karakteristik yang jauh berbeda. Bila anda menggunakan mindset bahwa investasi emas online bisa diperlakukan sama dengan investasi emas fisik, maka bersiaplah untuk menanggung rugi.

Karakteristik pertama adalah keuntungan dari investasi emas fisik hanya bisa didapatkan ketika harga emas sedang naik, sedangkan untung investasi emas online bisa didapatkan ketika harga naik dan turun. Hal ini membuat investasi emas online hanya cocok untuk investasi jangka pendek. Investasi emas fisik di lain pihak cocok bagi anda yang ingin berinvestasi dalam jangka waktu yang cukup lama, bahkan hingga tahunan.

4. Menganggap remeh pentingnya riset

Sebelum memulai trading emas online, sebagai trader anda harus mengetahui terlebih dahulu faktor apa saja yang menjadi penggerak harga emas. Dengan mengetahui faktor tersebut, anda bisa mempelajari hal-hal apa saja yang membuat harga emas di pasar online bergerak naik atau turun. Ketika faktor ini muncul, biasanya akan terjadi sebuah tren yang banyak dimanfaatkan oleh para trader untuk mendapatkan keuntungan.

Oleh karena itulah, penting bagi anda untuk melakukan riset kecil-kecilan sebelum anda masuk ke pasar. Ketahui juga berapa lama kiranya sebuah tren akan berlangsung. Karena bisa jadi anda ketinggalan kereta dan baru masuk pasar di akhir-akhir tren. Bukannya keuntungan yang anda dapatkan, justru anda akan mendapatkan kerugian karena harga bergerak memantul karena sudah menyentuh garis support atau resistance.

5. Tidak perduli akan informasi terbaru

Seorang trader emas berpengalaman biasanya akan mencari informasi terbaru dari media yang terpercaya sebelum memutuskan untuk masuk atau keluar pasar emas online. Ketika ia menemukan informasi atau berita terbaru yang memiliki potensi untuk menggerakkan harga emas, seketika itu juga ia akan memanfaatkan berita tersebut untuk mendapatkan keuntungan pada saat trading.

Inilah yang terkadang diabaikan oleh para trader pemula. Mereka tidak mengetahui bahwa berita sepenting peluncuran rudal balistik Korea Utara memiliki andil yang besar untuk kenaikan harga emas. Tanpa pengetahuan ini mereka justru akan merugi karena tidak tahu bahwa emas sedang diincar oleh banyak investor karena sifatnya sebagai aset safe haven.

Lima kesalahan ini biasa dilakukan oleh para trader emas online pemula. Dengan mengetahui hal-hal ini, maka anda bisa menghindari melakukan kesalahan yang sama saat menjalankan trading anda dan trading anda pun berpotensi untuk mendapatkan profit. Selamat mencoba!

There are no comments yet

  • Hello, guest