6 Istilah yang Wajib Diketahui Trader Emas Online

Posted on Sep 26, 2017

6-Istilah-yang-Wajib-Diketahui-Trader-Emas-Online

Ketika anda membaca berita-berita ekonomi yang ada hubungannya dengan pergerakan harga emas, anda mungkin akan menemui sejumlah istilah yang mungkin terdengar asing di telinga anda. Meski anda sudah berpengalaman trading di pasar forex, istilah-istilah ini bisa jadi tak pernah anda dengar ketika anda trading karena mereka hanya umum digunakan oleh para pelaku pasar emas.

Sebagai seorang trader emas online, adalah sebuah kewajiban bagi anda untuk memahami istilah-istilah ini karena berbagai istilah ini akan anda temui dalam keseharian trading emas anda. Ada banyak sekali istilah yang digunakan di pasar emas online, namun untuk mempermudah anda mempelajarinya, kami akan membatasi artikel ini dalam 6 istilah saja yang wajib anda ketahui. Berikut lengkapnya:

Bullion

Istilah ini paling banyak digunakan di pasar emas, baik online maupun fisik. Arti dari kata bullion itu sendiri adalah emas yang memiliki kemurnian minimal 99,5% dan memiliki bentuk batangan atau koin. Bullion umumnya digunakan untuk kepentingan investasi. Menurut Wikipedia, asal kata bullion datang dari nama menteri keuangan Perancis pada jaman pemerintahan raja Louis XIII, yakni Claude de Bullion.

Nilai dari emas Bullion berdasarkan pada kemurniannya serta beratnya. Makin tinggi tingkat kemurniannya serta makin berat emas bullion tersebut ketika ditimbang, maka semakin mahal pula lah harganya. Nilai yang dimiliki oleh emas bullion jauh lebih tinggi dibandingkan emas dalam bentuk lainnya, seperti misalnya perhiasan. Hal ini dikarenakan emas perhiasan biasanya tingkat kemurniannya lebih rendah dibandingkan emas bullion.

COMEX

COMEX adalah singkatan dari Commodity Exchange yang merupakan salah satu divisi bursa perdagangan komoditas New York, atau lebih dikenal sebagai NYMEX (New York Mercantile Exchange). Dikarenakan reputasinya sebagai bursa perdagangan komoditas paling ternama di dunia, harga emas COMEX sering dijadikan acuan oleh sejumlah situs berita ekonomi kenamaan hingga para trader dari seluruh dunia.

Selain emas, COMEX juga memperdagangkan komoditas metal berharga lainnya seperti perak, tembaga dan alumunium. Meski tidak seterkenal COMEX, pusat perdagangan dunia lainnya seperti London dan Tokyo pun punya bursa perdagangan komoditasnya sendiri. TOCOM adalah bursa perdagangan komoditas Tokyo (Tokyo Commodity Exchange) sedangkan LME adalah bursa perdagangan komoditas London (London Metal Exchange).

Grade (Peringkat Emas)

Grade atau peringkat di pasar komoditi berarti tingkat kemurnian atau kualitas barang yang dipesan dalam kontrak berjangka atau biasa kita kenal sebagai futures. Istilah ini berlaku tidak hanya untuk komoditi logam berharga seperti emas, perak, tembaga serta alumunium, namun juga berlaku untuk jenis komoditi lainnya seperti gandum, kedelai, teh, kopi, dan lain-lainnya.

Dikarenakan setiap bursa komoditas serta setiap kontrak berjangka menyediakan grade yang berbeda-beda, maka setiap pemesanan komoditas tertentu, harus dicantumkan secara lengkap dan jelas grade atau peringkat barang yang ingin dipesan, lengkap dengan stempel pemurni yang menyetujuinya.

Karat

Karat adalah satuan yang digunakan untuk mengukur kemurnian dari logam mulia emas. Nilai tertinggi karat adalah 24 karat yang berarti bahwa emas tersebut memiliki kemurnian tertinggi atau emas murni (tanpa campuran pada saat pembuatan). Sedangkan emas yang nilainya 22 atau 18 karat memiliki kemurnian yang lebih rendah serta harganya juga biasanya dijual lebih murah.

Satuan karat umum digunakan dalam perdagangan emas perhiasan, sedangkan dalam perdagangan emas batangan atau koin yang digunakan untuk investasi biasanya memiliki kemurnian 24 karat. Maka dari itulah emas batangan selalu punya nilai yang lebih tinggi dibandingkan dengan emas perhiasan. Emas batangan (bullion) selalu jadi pilihan utama para investor yang ingin berinvestasi emas fisik.

Troy Ounce

Emas di pasar online selalu diperdagangkan dalam satuan ukur berat yang seragam, yakni troy ounce. Satu troy ounce nilainya sama dengan 31.1 gram. Selain emas, satuan ukur berat troy ounce juga digunakan dalam sistem perdagangan logam mulia lainnya seperti perak, tembaga dan alumunium. Semua emas batangan atau koin yang diperdagangkan di dunia pada saat ini menggunakan standar troy ounce.

Gold Reserve

Cadangan emas adalah sejumlah emas bullion yang disimpan di bank sentral sebuah negara. Cadangan emas ini digunakan untuk menjaga kredibilitas negara tersebut ketika mereka ingin mencetak uang atau menerbitkan sebuah obligasi.

Meski sekarang harga mata uang sebuah negara tidak lagi dipatok dengan emas dalam jumlah tertentu, masih banyak negara yang menimbun emas untuk menjaga kredibilitas serta stabilitas ekonomi negara tersebut. Negara-negara seperti Amerika Serikat, Jerman, serta sejumlah negara lainnya di Eropa memiliki total cadangan emas terbanyak di dunia.

There are no comments yet

  • Hello, guest