Apa itu RSS ?

Mungkin anda bertanya-tanya “apa maksudnya, apa gunanya, bagaimana cara menggunakannya, dst” begitu juga dengan saya saat pertama kali melihat logo RSS RSS dan tulisan “subscribe …” pada sebuah situs/blog. Internet telah merubah infrastruktur penyampaian informasi dengan fasilitas dan aplikasi yang beragam, dan salah satu bukti dari perubahan tersebut adalah sistem RSS.

Jadi, apakah yang dimaksud dengan RSS dan apa kegunaannya ?

RSS adalah kepanjangan dari Really Simple Syndication yang berupa sebuah file berformat XML. Sindikasi tersebut umumnya digunakan oleh situs web berita atau blog untuk memberikan info-info terbaru kepada para pembacanya.

Situs berita atau blog memiliki isi/artikel yang terus berubah secara berkala, karena itulah maka situs/blog menggunakan sistem RSS agar para “pelanggannya” tidak ketinggalan info. Sama halnya seperti koran atau majalah, kita harus berlangganan untuk terus mendapatkan berita-berita terbaru hanya saja bedanya dengan sistem RSS adalah anda dapat berlangganan secara gratis. Begitu juga dengan blog futures galleria ini, anda harus berlangganan (subscribe) terlebih dahulu agar dapat terus menerima informasi terbaru dari kami.

Mungkin anda sudah pernah beberapa kali melihat icon/logo RSS seperti di bawah ini :RSSbuttons

Icon-icon tersebut menandakan situs/blog itu menggunakan sistem RSS. Icon/logo RSS memang sangat bervariatif namun itu semua hanyalah iconnya saja yang berbeda sementara sistemnya tetap sama.

Lalu bagaimana cara memanfaatkan sistem RSS ?

Kami menyediakan 2 (dua) pilihan untuk anda subscribe ke blog futures galleria yaitu via Email atau via RSS Feed Reader. Dengan subscribe via Email maka anda bisa mendapatkan informasi-informasi terbaru dari kami dimana informasi-informasi itu akan langsung masuk ke email anda secara otomatis.

Anggaplah anda memiliki kotak surat yang besar untuk menampung semua surat dari sebuah situs/blog secara berkala. Namun ada kemungkinan email dari kami akan masuk ke kolom spam email anda, untuk itu anda harus memeriksa kolom spam bila anda tidak menemukan email dari kami di kolom inbox anda dan jangan mem-blacklist alamat email kami agar anda dapat terus menerima email dari kami.

Pilihan kedua adalah via RSS feed reader yang dapat dikatakan sebagai keranjang dalam ukuran  besar sehingga bisa memuat semua jenis kumpulan koran atau majalah langganan anda. Feed reader sendiri ada banyak jenisnya, namun yang biasa digunakan orang secara umum adalah Google Reader atau NewsGator FeedDemon. Dengan begitu maka setiap informasi terbaru dari situs/blog manapun juga akan langsung terkirim ke feed reader anda secara otomatis.

Tampilan Feed Reader

Bagi anda yang belum pernah menggunakan feed reader, berikut kami cantumkan contoh tampilan dari feed reader :

  • Google Reader

Untuk menggunakan google reader maka anda harus memiliki account google (gmail) terlebih dahulu agar dapat mengakses google reader anda. Di bawah ini adalah tampilan dari google reader :

google-reader

  • NewsGator FeedDemon

Newsgator lebih cenderung seperti software yang harus anda download dan install terlebih dahulu di PC/laptop anda. Tampilan dari newsgator seperti ini :

newsgator

Kelebihan RSS Feed Reader :

  1. Anda hanya akan mendapatkan update jika ada isi artikel/informasi baru. Jadi dengan menggunakan RSS, anda terhindar dari spam (Contoh: yang terkadang anda dapatkan di inbox email anda)
  2. Privasi anda dapat terlindungi. Jika anda menggunakan servis dari feed/news reader, maka pemilik situs/blog tidak akan tahu bahwa anda telah menjadi subscriber situs tersebut karena anda tidak pernah memberikan data apapun kepada mereka.
  3. RSS secara otomatis akan meng-update semua situs/blog yang anda subscribe tanpa perlu mengakses satu situs ke situs lainnya ataupun meng-klik tombol refresh hanya untuk mengetahui sajian terbaru situs favorit anda. Tentunya metode ini jauh lebih praktis, efisien dan tentu saja menghemat bandwidth.

Dengan ini kami harap anda sudah mengerti mengenai RSS, sistem subscription, dan cara mendaftarkan diri anda ke blog futures galleria baik via RSS maupun via Email. Jika masih ada yang kurang jelas, silahkan meninggalkan pertanyaan anda di kolom komentar di bawah agar kami dapat membantu anda.

Happy blogging! 😉